- Back to Home »
- Gunadarma's Tasks , Knowledge »
- Klasifikasi Ilmu Pengetahuan
Posted by : Unknown
Kamis, 30 April 2015
Klasfikasi Ilmu Pengetahuan
Ilmu
Pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki,
menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi
kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan
rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup
pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.
Ilmu bukan
sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan
pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara
sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang
ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia
berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu
pengetahuan adalah produk dari epistemologi.
Ilmu
Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal
yang bahani (material saja), atau ilmu psikologi hanya bisa
meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi
umum dari perilaku manusia yang konkret. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu
alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dan bumi, atau ilmu
psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat.
Klasifikasi
Ilmu Pengetahuan :
- Ilmu Alam
Ilmu alam adalah istilah yang digunakan
yang merujuk pada rumpun ilmudimana obyeknya adalah benda-benda
alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.
Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang
arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains
merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan
bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan
mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak
dapat dipisahkan. “Real Science is both product and process, inseparably Joint”
(Agus. S. 2003: 11)
Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh
para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan
tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah,
merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan
akhimya menyimpulkan. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari
Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.
Ilmu alam mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia
tentang Bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam membentuk landasan
bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu
sosial, humaniora, teologi, dan seni.
Matematika tidak dianggap sebagai ilmu alam, akan
tetapi digunakan sebagai penyedia alat/perangkat dan kerangka kerja yang
digunakan dalam ilmu-ilmu alam. Istilah ilmu alam juga digunakan untuk
mengenali “ilmu” sebagai disiplin yang mengikuti metode ilmiah, berbeda
dengan filsafat alam. Di sekolah, ilmu alam dipelajari secara umum di mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(biasa disingkat IPA).
Tingkat kepastian ilmu alam relatif tinggi mengingat
obyeknya yang kongkrit, karena hal ini ilmu alam lazim juga disebut ilmu
pasti. Di samping penggunaan secara tradisional di atas, saat ini
istilah “ilmu alam” kadang digunakan mendekati arti yang lebih cocok dalam
pengertian sehari-hari. Dari sudut ini, “ilmu alam” dapat menjadi arti
alternatif bagi biologi, terlibat dalam proses-proses biologis, dan
dibedakan dari ilmu fisik (terkait dengan hukum-hukum fisika
dan kimia yang mendasari alam semesta).
Cabang-cabang utama dari ilmu alam
adalah:
- Astronomi, cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)).
- Biologi, ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan.
- Ekologi, ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
- Fisika, ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.
- Geologi, Ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya.
- Geografi, ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
- Ilmu bumi, suatu istilah untuk kumpulan cabang-cabang ilmu yang mempelajari bumi. Cabang ilmu ini menggunakan gabungan ilmu fisika, geografi, matematika, kimia, dan biologi untuk membentuk suatu pengertian kuantitatif dari lapisan-lapisan Bumi.
- Kimia, ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.
- Ilmu Sosial
Ilmu sosial adalah sekelompok
disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan
denganmanusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda
dengan seni dan humaniora karena menekankan
penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda
kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian
dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan
interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial
secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam
melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara
subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap
kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa
bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif. Demikian
pula, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial
terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang
mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa
aspek dalam metodologi ilmu sosial. Penggunaan metoda kuantitatif dan
kualitatif telah makin banyak diintegrasikan dalam studi tentang tindakan
manusia serta implikasi dan konsekuensinya.
Karena sifatnya yang berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu
sosial, di Indonesia IPS dijadikan sebagai mata
pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah
menengah tingkat pertama(SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat di atasnya, mulai
dari sekolah menengah tingkat atas (SMA) dan perguruan tinggi,
ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya
jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.
Cabang-cabang utama dari ilmu sosial
adalah:
- Antropologi, yang mempelajari manusia pada umumnya, dan khususnya antropologi budaya, yang mempelajari segi kebudayaan masyarakat
- Ekonomi, yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat
- Geografi, yang mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi
- Hukum, yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan
- Linguistik, yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa
- Pendidikan, yang mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral
- Politik, yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara)
- Psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
- Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia
- Sosiologi, yang mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia di dalamnya
- Ilmu Terapan
Ilmu terapan adalah
penerapan pengetahuan dari satu atau lebih
bidang-bidang: matematika, fisika atau ilmu alam, ilmu
kimia atau ilmu biologi untuk penyelesaian masalah praktis yang
langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.
Cabang-cabang utama dari ilmu terapan
adalah:
- Arsitektur, seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk.
- Bisnis dan Industri, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
- Hukum, sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakatterhadap kriminalisasi dalam hukum pidana
- Informatika, merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.
- Komunikasi, suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung denganlingkungan dan orang lain
- Otomotif, salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakanmesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika,fisika, kimia, biologi dan manajemen.
- Pendidikan, usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
- Pertanian, kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.
- Teknik, penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).
- Teknologi, keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
- Transportasi, pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.
- Sosio-teknologi, bidang kajian baru yang berusaha melihat pengaruh evolusi teknologi dalam kehidupan sosial. Bersamaan dengan lahirnya postmodernisme, orang mulai meninggalkan pembagian Aristotelian dalam disiplin ilmu, contohnya dengan lahirnya kajian kompleksitas, teori pattern language dalam arsitektur dan lain-lainnya.
Sejarah dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Kebudayaan
manusia ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara
cepat yang merupakan akibat peran serta pengaruh dari pemikiran filsafat Barat.
Pada awal perkembangannya, yakni zaman Yunani Kuno, filsafat diidentikkan
dengan ilmu pengetahuan. Maksudnya adalah antara pemikiran filsafat dan ilmu
pengetahuan tidak dipisah, sehingga semua pemikiran manusia yang muncul pada
zaman itu disebut filsafat. Pada abad Pertengahan, filsafat menjadi identik
dengan agama, sehingga pemikiran filsafat pada zaman itu menjadi satu dengan
dogma gereja. Pada abad ke-15 muncullah Renaissans kemudian disusul oleh
Aufklaerung pada abad ke-18 yang membawa perubahan pandangan terhadap filsafat.
Pada masa ini filsafat memisahkan diri dari agama, sehingga membuat orang
berani mengeluarkan pendapat mereka tanpa takut akan dikenai hukuman oleh pihak
gereja. Filsafat zaman modern tetap sekuler seperti zaman Renaissans, yang
membedakan adalah pada zaman ini ilmu pengetahuan berpisah dari filsafat dan
mulai berkembang menjadi beberapa cabang yang terjadi dengan cepat. Bahkan pada
abad ke-20, ilmu pengetahuan, mulai berkembang menjadi berbagai spesialisasi
dan sub-spesialisasi.
Ilmu pengetahuan
pada awalnya merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengetahui keadaan
lingkungan disekitanya. Selain itu, ilmu pengetahuan juga diciptakan untuk
dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Pada abad ke-20 dan
menjelang abad ke-21, ilmu telah menjadi sesuatu yang substantif yang menguasai
kehidupan manusia. Namun, tak hanya itu, ilmu pengetahuan yang sudah berkembang
sedemikian pesat juga telah menimbulkan berbagai krisis kemanusiaan dalam
kehidupan. Hal ini didorong oleh kecenderungan pemecahan masalah kemanusiaan
yang lebih banyak bersifsat sektoral. Salah satu upaya untuk menyelesaikan
masalah-masalah kemanusiaan yang semakin kompleks tersebut ialah dengan
mempelajari perkembangan pemikiran filsafat.
Perkembangan filsafat Barat dibagi menjadi beberapa
periodesasi yang didasarkan atas ciri yang dominan pada zaman tersebut.
Periode-periode tersebut adalah :
1. Zaman Yunani Kuno (Abad 6SM-6M)
Ciri
pemikirannya adalah kosmosentris, yakni mempertanyakan asal usul alam semesta
dan jagad raya sebagai salah satu upaya untuk menemukan asal mula (arche)
yang merupakan unsur awal terjadinya gejala. Dan beberapa tokoh filosof pada
zaman ini menyatakan pendapatnya tentang arche, antara lain :
- Thales (640- 550 SM) : arche berupa air
- Anaximander (611-545 SM) : arche berupa apeiron (sesuatu yang tidak terbatas)
- Anaximenes (588-524 SM) : arche berupa udara
- Phytagoras (580-500 SM) : arche dapat diterangkan atas dasar bilangan-bilangan.
Selain keempat
tokoh di atas ada dua filosof, yakni Herakleitos (540-475 SM) dan Parmindes
(540-475 SM) yang mempertanyakan apakah realitas itu berubah, bukan menjadi
sesuatu yang tetap. Pemikir Yunani lain yang merupakan salah satu yang berperan
penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan adalah Demokritos (460-370 SM) yang
menegaskan bahwa realitas terdiri dari banyak unsur yang disebut dengan atom (atomos,
dari a-tidak, dan tomos-terbagi). Selain itu, filosof yang sering
dibicarakan adalah Socrates (470-399 SM) yang langsung menggunakan metode
filsafat langsung dalam kehidupan sehari-hari yang dikenal dengan dialektika (dialegesthai)
yang artinya bercakap-cakap. Hal ini pula yang diteruskan oleh Plato
(428-348 SM). Dan pemikiran filsafat masa ini mencapai puncaknya pada seorang
Aristoteles (384-322 SM) yang mengatakan bahwa tugas utama ilmu pengetahuan
adalah mencari penyebab-penyebab obyek yang diselidiki. Ia pun berpendapat
bahwa tiap kejadian harus mempunyai empat sebab, antara lain penyebab material,
penyebab formal, penyebab efisien dan penyebab final.
2. Zaman Pertengahan (6-16M)
Ciri pemikiran
pada zaman ini ialah teosentris yang menggunakan pemikiran filsafat untuk
memperkuat dogma agama Kristiani. Pada zaman ini pemikiran Eropa terkendala
oleh keharusan kesesuaian dengan ajaran agama. Filsafat Agustinus (354-430)
yang dipengaruhi oleh pemikiran Plato, merupakan sebuah pemikiran filsafat yang
membahas mengenai keadaan ikut ambil bagian, yakni suatu pemikiran bahwa
pengetahuan tentang ciptaan merupakan keadaan yang menjadi bagian dari
idea-idea Tuhan. Sedangkan Thomas Aquinas (1125-1274) yang mengikuti pemikiran
filsafat Aristoteles, menganut teori penciptaan dimana Tuhan menghasilkan
ciptaan dari ketiadaan. Selain itu, mencipta juga berarti terus
menerus menghasilkan serta memelihara ciptaan.
3. Zaman Renaissans (14-16M)
Merupakan suatu
zaman yang menaruh perhatian dalam bidang seni, filsafat, ilmu pengetahuan dan
teknologi. Zaman ini juga dikenal dengan era kembalinya kebebasan manusia dalam
berpikir. Tokoh filosof zaman ini diantaranya adalah Nicolaus Copernicus
(1473-1543) yang mengemukakan teori heliosentrisme, yang mana matahari
merupakan pusat jagad raya. Dan Francis Bacon (1561-1626) yang menjadi perintis
filsafat ilmu pengetahuan dengan ungkapannya yang terkenal “knowledge is
power”
4. Zaman Modern (17-19M)
Filsafat zaman
ini bercorak antroposentris, yang menjadikan manusia sebagai pusat perhatian
penyelidikan filsafati. Selain
itu, yang menjadi topik utama ialah persoalan epistemologi
a. Rasionalisme
a. Rasionalisme
Aliran ini berpendapat bahwa akal merupakan sumber
pengetahuan yang memadai dan dapat dipercaya. Pengalaman hanya dipakai untuk
menguatkan kebenaran pengetahuan yang telah diperoleh melalui akal. Salah satu
tokohnya adalah Rene Descartes (1598-1650) yang juga merupakan pendiri filsafat
modern yang dikenal dengan pernyataannya Cogito Ergo Sum (aku berpikir,
maka aku ada). Metode yang digunakan Descrates disebut dengan a priori
yang secara harfiah berarti berdasarkan atas adanya hal-hal yang mendahului.
Maksudnya adalah dengan menggunakan metode ini manusia seakan-akan sudah
mengetahui dengan pasti segala gejala yang terjadi.
b. Empirisisme
b. Empirisisme
Menyatakan
bahwa sumber ilmu pengetahuan adalah pengalaman, baik lahir maupun batin. Akal
hanya berfungsi dan bertugas untuk mengatur dan mengolah data yang diperoleh
dari pengalaman. Metode yang digunakan adalah a posteriori atau metode
yang berdasarkan atas hal-hal yang terjadi pada kemudian. Dipelopori oleh
Francis Bacon yang memperkenalkan metode eksperimen.
c. Kritisisme
c. Kritisisme
Sebuah
teori pengetahuan yang berupaya untuk menyatukan dua pandangan yang berbeda
antara Rasionalisme dan Empirisme yang dipelopori oleh Immanuel Kant
(1724-1804). Ia berpendapat bahwa pengetahuan merupakan hasil yang diperoleh
dari adanya kerjasama antara dua komponen, yakni yang bersifat pengalaman
inderawi dan cara mengolah kesan yang nantinya akan menimbulkan hubungan antara
sebab dan akibat.
d. Idealisme
d. Idealisme
Berawal
dari penyatuan dua Idealisme yang berbeda antara Idealisme Subyektif (Fitche)
dan Idealisme Obyektif (Scelling) oleh Hegel (1770-1931) menjadi filsafat
idealisme yang mutlak. Hegel berpendapat bahwa pikiran merupakan esensi dari
alam dan alam ialah keseluruhan jiwa yang diobyektifkan. Asas idealisme adalah
keyakinan terhadap arti dan pemikiran dalam struktur dunia yang merupakan
intuisi dasar.
e. Positivisme
e. Positivisme
Didirikan
oleh Auguste Comte (1798-1857) yang hanya menerima fakta-fakta yang ditemukan
secara positif ilmiah. Semboyannya yang sangat dikenal adalah savoir pour
prevoir, yang artinya mengetahui supaya siap untuk bertindak. Maksudnya
ialah manusia harus mengetahui gejala-gejala dan hubungan-hubungan antar gejala
sehingga ia dapat meramalkan apa yang akan terjadi. Filsafat ini juga dikenal
dengan faham empirisisme-kritis, pengamatan dengan teori berjalan beriringan.
Ia membagi masyarakat menjadi atas statika sosial dan dinamika sosial.
f. Marxisme
f. Marxisme
Pendirinya
ialah Karl Marx (1818-1883) yang aliran filsafatnya merupakan perpaduan antara
metode dialektika Hegel dan materialisme Feuerbach. Marx mengajarkan bahwa
sejarah dijalankan oleh suatu logika tersendiri, dan motor sejarah terdiri
hukum-hukum sosial ekonomis. Baginya filsafat bukan hanya tentang pengetahuan
dan kehendak, melainkan tindakan, yakni melakukan sebuah perubahan, tidak hanya
sekedar menafsirkan dunia. Yang perlu diubah adalah kaum protelar harus bisa
mengambil alih peranan kaum borjuis dan kapitalis melalui revolusi, agar
masyarakat tidak lagi tertindas.
5. Zaman Kontemporer (Abad ke-20 dan seterusnya)
Pokok pemikirannya dikenal dengan
istilah logosentris, yakni teks menjadi tema sentral diskursus para filosof. Hal ini
dikarenakan ungkapan-ungkapan filsafat cenderung membingungkan dan sulit untuk
dimengerti. Padahal tugas filsafat bukanlah hanya sekedar membuat pernyataan
tentang suatu hal, namun juga memecahkan masalah yang timbul akibat
ketidakpahaman terhadap bahasa logika, dan memberikan penjelasan yang logis
atas pemikiran-pemikiran yang diungkapkan.
Pada zaman ini muncul berbagai aliran
filsafat dan kebanyakan dari aliran-aliran tersebut merupakan kelanjutan dari
aliran-aliran filsafat yang pernah berkembang pada zaman sebelumnya, seperti
Neo-Thomisme, Neo-Marxisme, Neo-Positivisme dan sebagainya.
KARAKTERISTIK ILMU
PENGETAHUAN
1. Sifat Dasar Ilmu Pengetahuan
Kata ilmu berasal dari bahasa Arab, yaitu ‘alima yang
berarti mengetahui, mengerti. Mengetahui dan mengerti di sini dalam arti sudah
memahami objek melalui pendengaran, penglihatan dan hatinya. Seperti yang diuraikan
dalam QS Al-Isra’ 17:36 berikut.
Dan
janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya
pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan
jawabnya.
Berdasarkan teknik operasional, ilmu adalah kesadaran
tentang realitas melalui pendengaran, penglihatan dan hati.
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud 1988), ilmu memiliki dua pengertian,
yaitu:
>
Ilmu diartikan sebagai suatu pengetahuan tentang suatu
bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat
digunakan untuk menerapkan gejala-gejala tertentu di bidang (pengetahuan)
tersebut.
>
Ilmu diartikan sebagai pengetahuan atau kepandaian, tentang soal duniawi,
akhirat, lahir, bathin, dsb.
Berdasarkan
ensiklopedia Indonesia, ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk
menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi
kenyataan dalam alam manusia.
Oleh karena itu, karakteristik ilmu pengetahuan yaitu:
>
Ilmu pengetahuan harus konkrit, yaitu dapat diukur kebenarannya. Kehadiran
objek dan subjek tidak dapat dipisahkan atau memiliki keterkaitan satu sama
lainnya. Sederhananya bahwa amal teoritis harus diimbangi dengan amal praktis.
Hal ini yang menyebabkan Al-Qur’an menyatakan bahwa penilaian terhadap manusia
akan diukur dari sikap empirisnya selama hidup di dunia.
>
Ilmu tidak terbatas sehingga masih banyak
ilmu pengetahuan yang harus digali lagi dan tidak mempunyai keterbatasan
tertentu.
2. Kebenaran Ilmu Pengetahuan
dalam Pandangan Islam
Ilmu adalah
kebenaran dari Allah Swt. Mengenai segala makhlukNya yang ada di dunia ini
untuk diamanahkan dan dikaruniakan kepada manusia yang berakal agar tercapai
ilmu yang hakiki. Ilmu pengetahuan ini diamanahkan untuk membawa manfaat pada
manusia, bukan membawa bencana bagi manusia.
Ilmu
Pengetahuan menyediakan suatu cara agar alam semesta dan segala sesuatu di
dalamnya dapat diteliti guna menyingkan kehebatan dalam ciptaan Allah, sehingga
pengetahuan ini dapat tersampaikan ke umat manusia. Agama
mendorong ilmu pengetahuan untuk mempelajari seluk-beluk ciptaan Tuhan.
Unsur pokok yang mendasari ilmu
pengetahuan:
1. Subyek yakni
keinginan untuk mengetahui sesuatu
2. Obyek yang
menjadi kajian
3. Metodologi
yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan
https://anoyshoko.wordpress.com/2013/04/04/klasifikasi-ilmu-pengetahuan/
https://sophiascientia.wordpress.com/kronologis-historis-sejarah-dan-perkembangan-ilmu-pengetahuan/